KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah SWT yang
telah melimpahkan begitu banyak nikmat kepada penyusun, sehingga penyusun dapat
menyelesaikan makalah yang berjudul “Manajer” tepat pada waktunya, penulisan
makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh Dosen
pengampu mata kuliah Pengantar Manajemen, Drs. Ali Nurdin, M.Pd.
Makalah ini ditulis dari hasil
penyusunan data-data sekunder penyusun peroleh dari buku panduan yang berkaitan
dengan Manajemen Teori kasus dan solusi. Tak lupa penyusun ucapkan terima kasih
kepada semua pihak uang telahmemberi dukungan sehingga dapat diselesaikannya
makalah ini.
Penyusun harap, dengan membaca
makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, dalam hal ini dapat menambah
wawasan kita mengenai manajemen . Penyusun menyadari sehingga masih banyak
kekurangan dalam pembuatan makalah, baik dari segi materi, maupun teknik
penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penyusun. Oleh
karena itu, kritik dan saran sangat diharapkan.
Jakarta,
23 September 209
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR........................................................................................
DAFTAR
ISI.....................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN..................................................................................
A. Latar Belakang.........................................................................................
B. Rumusan Masalah....................................................................................
C. Tujuan Penulisan.....................................................................................
BAB
II PEMBAHASAN....................................................................................
A. Definisi Manajer......................................................................................
B. Tugas Manajer.........................................................................................
C. Peranan Ilmu Manajemen Bagi Manajer ..................................................
D. Pendekatan Tentang Manajer...................................................................
E. Permasalahan Yang Dihadapi Manajer.....................................................
BAB
III PENUTUP............................................................................................
A. Kesimpulan..............................................................................................
B. Saran........................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA.........................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Manajer
adalah seorang anggota organisasi yang bertugas mengarahkan, memadukan,
mengawasi dan mengkoordinasikan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh anggota
organisasi yang lain. Secara umum organisasi bisa diartikan sebagai pengaturan
orang-orang secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manajer
memiliki tiga tingkatan :
a) Manajer lini pertama
Manajer lini pertama merupakan tingkatan
paling bawah, biasanya dikenal dengan manajer operasional. Tugas nya : untuk
memimpin dan mengawasi pegawai non-manajerial yang ikut serta dalam proses produksi.
Contohnya : supervisor, manajer area, manajer shift, manajer department.
b) Manajer tingkat menengah
Manajer tingkat menengah tugasnya : sebagai
penghubung antara kedua tingkat manajer lini pertama dan manajer tingkat
puncak. Contohnya : manajer proyek, manajer pabrik, manajer pabrik dan kepala
bagian
c) Manajer tingkat puncak
Manajer tingkat puncak tugasnya :
merencanakan kegiatan dan strategi berorganisasi ataupun perusahaan secara
umum, mengarahkan jalannya organisasi ataupun perusahaan. Contohnya : Chief
Executive Officer (CEO), Chief Finansial Officer (CFO), Chief Information
Officer (CIO)
B. Rumusan Masalah :
1. Definisi Manajer
2. Tugas Manajer
3. Peranan Ilmu Manajemen Bagi
Manajer
4. Pendekatan Tentang Manajer
5. Permasalahan Yang Dihadapi Manajer
C.Tujuan Penulisan
Adapun tujuan menulis makalah ini :
a. Untuk mengetahui pengertian dari
manajer
b. Untuk mengetahui tugas dari
manajer
c. Untuk mengetahui peranan ilmu
manajemen bagi manajer
d. Untuk mengetahui pendekatan
tentang manajer
e. Untuk memahami permasalahan apa
saja yang dihadapi oleh manajer
Bab II
PEMBAHASAN
Manajer adalah mereka yang memiliki tanggungjawab dalam usaha
memajukan dan mempertahankan perusahaan,terutama pada saat-saat sulit. Manajer
bertindak dalam hubungan yang pengaruhnya menyebar kepada orang lain yang
membuat orang lain menjadi lebih baik. Lebih lanjut, pengertian manajer adalah
orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan serta keterampilan yang baik dan
diakui oleh organisasi atau perusahaan tersebut untuk dapat memimpin,
mengendalikan mengelola, mengatur serta mengembangkan organisasi dalam rangka
mencapai visi (tujuan) perusahaan.
Berikut adalah beberapa pengertian manajer
yang dikemukakan oleh para ahli antara lain yaitu :
Menurut James A.F. Stoner ,Manajer
adalah mereka yang memiliki tanggungjawab dalam usaha memajukan dan
mempertahankan perusahaan, terutama pada saat saat sulit.
Adapun
menurut James A.F. Stoner bahwa “… para manajer sebagai perencana,
pengorganisasi, pemimpin dan pengendali organisasi.” Menurut James A.F Stonner manajer yaitu :
·
Manajer bekerja dengan dan orang lain
·
Manajer bertanggung jawab
·
Manajer menyelaraskan tujuan yang saling bertentangan dan menemukan
prioritas
·
Manajer harus berpikir secara analitas dan konseptual
·
Manajer adalah (konseptor)
·
Manajer adalah politikus
·
Manajer adalah diplomat
·
Manajer adalah simbol
·
Manajer adalah pengambil keputusan yang sukar
Menurut Robert Tanembaum, manajer adalah mereka yang menggunakan
wewenang formal untuk mengorganisasi,mengarahkan dan mengontrol para bawahan
yang bertanggungjwab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi demi mencapai
tujuan perusahaan.
Menurut Drs. Malayu S.P. Hasibuan, manajer merupakan seseorang yang
bekerja melalui orang lain dengan melakukan kordinasi kegiatan-kegitan mereka
untuk mencapai sasaran suatu oraganisasi. Menurutnya pemimpin itu harus
mempunyai bawahan,harus membagi pekerjaanya dan harus tetap bertanggungjawab
terhadap pekerjaan tersebut. Manajer juga adalah seseorang yang mencapai
tujuannya melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
Adapun tugas dan tanggungjawab dari setiap manajer di sebuah
organisasi pada umumnya adalah :
1)
Top management (Manajemen Tingkat Atas)
Kebutuhan sistem informasi bagi
pihak top management memiliki ciri sebagai berikut :
a.
Bekerja untuk mengonsep dan mewujudkan visi dan misi perusahaan
b.
Merancang strategi perusahaan secara keseluruhan,memutuskan kebijakan
akuisisi dan merger
c.
Merancang strategi perusahaan secara keseluruhan
d.
Sebagai penggerak atau pemimpin pekerjaan dalam organisasi.
Maksudnya adalah seorag manajer puncak mempunyai tanggung jawab untuk
menetapkan staf organisasai dan melatihnya serta memotivasi bawahannya dalam
pelaksanaan tugas
e.
Informasi yang diterima oleh pihak top management cukup bersifat
poin-poin saja, dalam artian hanya executive
2)
Middle Management (Manajemen Tingkat Menengah)
Kebutuhan sistem informasi bagi
pihak Middle Management memiliki ciri sebagai berikut :
a.
Middle management bertugas menjembatani informasi yang berhubungan
antara top dan lower management
b.
Mengedepankan konsep efektifitas dalam melaksanakan pekerjaan
c.
Bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh pihak
lower management, dan berusaha memperkecil resiko pekerjaan yang akan terjadi
nanti
d.
Middle management bertugas mengkooordinir unit unit yang ada di
lower management
3)
Lower Management (Manajemen Tingkat Bawah)
Kebutuhan sistem informasi bagi
pihak Lower Management memilkii ciri sebagai berikut :
a.
Mengerjakan seluruh pekerjaan yang ditugaskan oleh pihak Middle
Management hingga selesai
b.
Mengedepankan konsep efesiensi dalam bekerja
c.
Melakukan pekerjaan dengan sangat sistematis dan struktur, serta
menghindari timbulnya kesalahan yang bersifat fatal.
d.
Kebutuhan dan pengolahan informasi bersifat maksimal
e.
Kebutuhan akan informasi yang lalu lebih dibutuhkan, karna dari
informasi masalalu tersebut kemudian diolah dengan mempergunakan perangkat
analisis untuk disusun dan di narasikan.
Setiap manajer diberbagai organisasi baik profit oriented dan non
profit oriented mengharuskan untuk memahami konsep ilmu manajemen secara baik
dan sempurna. Dengan tujuan agar pekerjaan yang dilaksanakan oleh manajer
tersebut dapat dilaksanakan secara sistematis, terukur dan berkualitas.
Oleh karna itu, kita dapat memberikan beberapa arti penting akan peran
ilmu manajemen bagi manajer sebagai berikut :
a.
Ilmu manajemen mampu memberi fasilitas pemikiran yang konsisten dan
terukur dalam membangun perencanaan usaha secara jangka pendek dan panjang
b.
Ilmu manajemen dapat menemukan berbagai bentuk kesalahan yang
terjadi di suatu organisasi dan menyelesaikan kesalahan tersebut dengan tegas
serta terhormat, tanpa menimbulkan permasalahan secara jangka panjang
c.
Ilmu manajemen mengedepankan seni dalam setiap tindakannya karna
dengan penggunaan seni setiap pekerjaan menjadi jauh lebih bermuatan
kekeluargaan dan menjauhkan kesan keras serta tegang. Karna jika tindakan dalam
organisasi bersifat keras dan tegang maka memungkinkan pada lemahnya kekuatan
internal organisasi.
Beberapa pendekatan tingkat manajer :
a.
Pendekatan tingkatan dan tugas-tugas manajer
Tingkat manajer yang terdapat dalam suatu perusahaan dikelompokkan atas
3 kelompok :
1.
Top manager (manajer puncak)
: manajer yang bertanggung jawab pada dewan komisaris dan direktur untuk
keseluruhan kinerja dan tujuan serta target perusahaan.
2.
Middle manager (manajer menengah) : level manajer yang bertanggung jawab untuk
mengimplementasikan dan mengontrol pelaksanaan strategi dan perencanaan yang
dirumuskan oleh manajer puncak.
3.
lower manager (manajer terendah) : untuk mendapatkan masukan karena
merekalah yang paling sering berhubungan dengan karyawan.
b.
Pendekatan luas peekrjaan manajer
Luas pekerjaan manajer meliputi masalah “internal dan eksternal”
perusahaan yang dipimpinnya. Masalah internal perusahaan harus dibenahi dengan
baik, supaya semua potensi perusahaan lebih berdaya gunad an berhasil guna
dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Masalah eksternal perusahaan harus diperhitungkan,
diamati dan dimplikasikan mengenai kondisi-kondisi yang mendukung dan
menghambat tercapainya tujuan perusahaan, seperti tingkat persaingan, peraturan
pemerintah, situasi perekonomian nasional dan internasional.
c.
Pendekatan sifat kerja manajer
Kerja adalah sejumlah aktivitas fisik dan pikiran yang dilakukan
seseorang dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Dalam melakukan pekerjaan
seseorang harus mengorbankan daya fisik dan daya pikirnya supaya iad apat
mengerjakan tugas-tugasnya. Kerja daya fisik hasilnya konkret, sedang kerja
daya pikir (mental) hasilnya abstrak. Sifat kerja manajer dibedakan atas “kerja
fisik dan kerja pikir”. Manajer dalam suatu perusahaan dikelompokkan atas tiga
tingkatan yaitu top manager, middle manager dan lower manager.
Pendekatan sifat sifat
seorang manajer :
Sifat-sifat manajer/pemimpin yang akan berhasil dalam tugasnya ditentukan dengan 2 cara:
i.
Cara Deduktif
Menurut cara ini sifat-sifat dan cirimanajer ditentukan berdasarkan
hasil analisis jabatan (job analysis). Karena dengan analisis jabatan akan
diketahui tugas-tugas dan tanggung jawab (job description) dan
kualifikasi-kualifikasi dari manajer yang akan menjabat jabatan tersebut. Cara
ini disebut cara deduktif, karena dengan penganalisisan jabatan itu dapat direduksi
factor-faktor yang secara logis dapat memudahkan fungsi-fungsi manajer dengan
hasil baik.
ii.
Cara Induktif
Menurut cara ini sifat dan ciri-ciri manajer ditentukan dengan mencari
sifat dan ciri-ciri khusus sejumlah manajer yang telah sukses. Sifat dan ciri-ciri
khsus para manajer yang sukses inilah yang kemudian dijadikan sifat dan
ciri-ciri bagi seorang manajer. Cara induktif ini akan memungkinkan mamnajer
berhasil dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Penentuan sifat dan
kualifikasi-kualifikasi manajer sangat membantu untuk memilih manajer/pemimpin
yang baik
Ada beberapa permasalahan umum yang
dihadapi oleh para manajer di setiap
organisasi yaitu :
1)
Pemahaman para karyawan dalam bidang ilmu manajemen masih kurang.
Sehingga banyak persoalan persoalan yang timbul sebenarnya disebabkan oleh
factor tersebut. Contohnya karyawan bagian produksi sering tidak memperhatikan
konsep total quality manajemen (manajemen mutu total) dalam bekerja, sehingga
hasil kerja tidak pernah menjadi lebih baik. Ini umumnya karyawan dalam bekerja
hanya berfikir dari segi melaksanakan tugas dan menerima gaji sebagai
imbalannya. Sementara manajer berusaha untuk meningkatkan penjualan agar
kesejahteraan perusahaan semakin meningkat.
2)
Masih dibutuhkannyapelatihan dan bimbingan secara jauh lebih
intensif kepada karyawan. Dengan tujuan agar hasil kerja (output) lebih
berkualitas dan memiliki nilai kompetitif di pasar.
3)
Sumber sumber yang dijadikan bahan referensi untuk memahami ilmu
manajemen dirasa masih kurang. Dimana selama ini banyak buku leks, jurnal,
majalah dan referensi lainnya yang berasal dari luar negri, sehingga ini
menjadi satu kesulitan pada saat ingin diadopsi ke dalam budaya Indonesia yang
notabene budayanya adalah berbeda dengan yang ada disini.
4)
Masih lemahnya perangkat undang undang dan aturan lainnya yang
mengatur tentang berbagai kaitannya yang berhubungan dengan manajemen. Seperti
undang-undang tenaga kerja yang dianggap belum bersifat aspiratif dan
benar-benar memihak pada kaum pekerja serta buruh lainnya.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Manajer adalah mereka yang memiliki tanggungjawab dalam usaha
memajukan dan mempertahankan perusahaan,terutama pada saat-saat sulit. Manajer
bertindak dalam hubungan yang pengaruhnya menyebar kepada orang lain yang
membuat orang lain menjadi lebih baik.
Tingkatan dalam manajer ada 3 , yaitu :
Ø Top Level of
Management (Manajemen puncak) : tingkat manajemen yang paling atas dan memiliki
otoritas tertinggi pada sebuah organisasi perusahaan dan bertanggungjawab
langsung kepada pemilik perusahaan.
Ø Middle Level of
Management (Manajemen tingkat tengah) : Manajemen ini dipilih oleh manajemen
puncak dan anajemen tingkat menengah bertanggungjawab atas pelaksanaan rencana
yang sudah ditentukan oleh manajemen puncak.
Ø lower manager
(manajer terendah) : untuk mendapatkan masukan karena merekalah yang paling
sering berhubungan dengan karyawan
Peranan Manajemen Bagi Manajer :
Ø Ilmu manajemen
mampu memberi fasilitas pemikiran yang konsisten dan terukur dalam membangun
perencanaan usaha secara jangka pendek dan panjang
Ø Ilmu manajemen
dapat menemukan berbagai bentuk kesalahan yang terjadi di suatu organisasi dan
menyelesaikan kesalahan tersebut dengan tegas serta terhormat, tanpa
menimbulkan permasalahan secara jangka panjang
Permasalahan Yang Dihadapi Manajer :
Ø Pemahaman para
karyawan dalam bidang ilmu manajemen masih kurang. Sehingga banyak persoalan
persoalan yang timbul sebenarnya disebabkan oleh factor tersebut. Contohnya
karyawan bagian produksi sering tidak memperhatikan konsep total quality
manajemen (manajemen mutu total) dalam bekerja, sehingga hasil kerja tidak
pernah menjadi lebih baik. Ini umumnya karyawan dalam bekerja hanya berfikir
dari segi melaksanakan tugas dan menerima gaji sebagai imbalannya. Sementara
manajer berusaha untuk meningkatkan penjualan agar kesejahteraan perusahaan
semakin meningkat.
Ø Masih
dibutuhkannyapelatihan dan bimbingan secara jauh lebih intensif kepada
karyawan. Dengan tujuan agar hasil kerja (output) lebih berkualitas dan
memiliki nilai kompetitif di pasar.
B.
Saran
Semoga makalah yang penulis buat
dapat memberikan manfaat pengetahuan tantang manajer kepada pembaca. Semoga
makalah ini dapat membantu para pembaca untuk pembuatan makalah tentang
manajer. penulis menyadari masih terdapat kekurangan dalam makalah ini ,oleh
karena itu penulis meminta saran dan kritik dari para pembaca untuk
penyempurnaan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Fahmi, Irham,
Manajemen Teori ,Kasus dan Solusi,
Bandung: Alfabeta, 2014
Siswanto, H.B.
, Pengantar Manajemen , Jakarta : Bumi Aksara, 2011
Tunggal, Amin
Widjaja, Manajemen Suatu Pengantar,
Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Bagus sekali buat saya untuk dipahami sebagai menejerial.kadangkala orang tdk memahami ilmu ini sehingga perusahaannya td terarah tujuannya 👍
ReplyDeletesamasama pak atas ucapannya, lebih lanjutnya bisa di pantau blog ini. bnyk berbagai ilmu mengenai manajeman yg saya publikasikan
Deleteterima kasih mas
ReplyDeletemantul bngt makalahnya
ReplyDelete